Senin, 22 Februari 2010

Sejarah Motor Honda


Lahir pada 17 November 1906 di Komyo Jepang tengah.
Ayahnya adalah tukang reparasi alat2 pertanian.
Dan pada umur 16 tahun, Honda sudah tidak mau melanjutkan sekolah lagi.
Dia juga bukan orang yang pintar disekolahnya.
Hobinya balap dan minatnya sangat tinggi pada bidang mesin
(mobil,motor, alat pertanian)
Singkatnya, orang ini banyak kegagalanya.
Cita-citanya tinggi dan keranjingan akan penemuan-penemuan baru (riset).
Nah kalo diterusin tentang Soichiro Honda ini sangat panjang..
OK...
Kita langsung ke suksesnya tentang Motor saja ya..

Dimulai tahun 1946 setelah perang dunia Ke-II, transportasi yang murah
sangat dibutuhkan. Saat itu Honda memakai mesin 50cc hasil modifikasi
dari bekas mesin-mesin perang. Tahun 1949 Honda betul2 murni membuat
Model D (Dream) dan dikembangkan menjadi Benly.

Model International yang berhasil dibuat adalah CB model.
Yaitu CB72-250cc, CB77-305cc.
Tetapi model-mode ini memakai frame yang kurang baik, yaitu press frame.
Lalu diperbarui dengan Frame yang lebih baik sehingga dapat diterima pasar
International seperti model CB 92.

CB77 Sky Hawk , model ini cukup diperhitungkan karena mampu bersaing
dengan motor-motor buatan inggris (dan modelnya pun hampir sama)

Tahun 1958 Honda membuat C100 Super Club (jenis sport).
Motor ini menjadi best selling pada saat itu karena sangat nyaman dikendarai.
Sukses dengan ini semua Honda memulai membuat motor yang lebih besar (Moge).
Pada tahun 1965, CB450 mencoba bersaing dengan motor-motor buatan Inggris.
Tapi tidak bisa karena market tetap memilih motor-motor buatan inggris.

Maka Tahun 1969, dikeluarkan CB750 dengan andalan 4 clynder-nya.
Motor ini mencapai sukses besar dan selalu habis terjual, karena motor ini
benar-benar smooth untuk dikendarai.

CB500 (tahun 1971) dan CB400 (tahun 1975), keduanya adalah penerus dari CB750,
karena CB750 sendiri kehilangan popularitasnya pada tahun 1971.
Maka penerusnya lah yang kembali sukses di pasar.

Pada Tahun 1980-an, Honda menciptakan pembaruan di dunia permotoran dengan
menciptakan Gold Wing.
Jenis ini sangat disukai di USA dan Eropa.
Motor dengan Full Fairing ini sebenarnya telah diaplikasikan pada type GL1000
Gold Wing tahun 1975 di Jepang.

1982, Honda kembali membuat gebrakan menciptakan motor mewah.
New Model Gold wing dengan nama Aspencade.
Motor ini dilengkapi dengan: Backrest (senderan boncenger), Sound system (Music)
dan sistem adjustment dengan computer dan lain lain.

Lalu pada tahun 1988, GL1500 kembali dibuat dan jenis Gold wing ini benar-benar
sangat komplit dengan assesories-nya yang dilanjutkan dengan GL 1800 yang melebihi
keunggulan GL 1500..... luar biasa....

Sebenarnya Honda memang sukses dengan model Gold Wing, tapi tidak dengan
model Sport-nya. CBX1000 tahun 1978, sama sekali tidak mencapai sukses dan
motor ini dikenal dengan nama lain CBX-B

Kesuksesan pada motor balapnya cukup spektakuler.
CB1100R , 4 clynder yang powerful dan CX500 serta CX650 yang dilengkapi
dengan Turbo.

Kemudian motor super mahalnya, Honda pun menjadi kebanggaan tersendiri
bagi penggemar Honda NR 500 beautiful design.

Tidak mau kalah dengan Harley Davidson, Honda mengeluarkan V4 Engine
400cc dan 1000cc dengan nama VF, tapi tidak sukses pada tahun 1980.
VFR 750 R adalah perbaikan dari VF pada tahun 1988.
Yang ini sempat mendapat julukan high speed touring motorcycle. cukup sukses.
Kemudian dilanjutkan jadi VFR 750L tahun 1990 dan VFR800FI pada tahun 2002,
dan tetap mendapat julukan for High speed touring.

Selain itu tahun 1987, CBR600F dan pembaruanya CBR600RR tahun 2003 juga
cukup sukses. Hasil riset dengan mesin yang powerful dan body ringan diaplikasi
pada model Fireblade CBR900RR tahun 1992 lalu CBR929RR

Tidak ada komentar: